Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin 30 Anjing Mati di Dalam Mobil, Pria Ini Bisa Dipenjara 90 Tahun

Kompas.com - 12/12/2017, 20:14 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Sebanyak 30 ekor anjing mati karena kepanasan di dalam sebuah minibus yang tertutup saat dibawa menuju ke sebuah kontes anjing.

Sebelumnya, sang pemilik memasukkan sekitar 40 kandang berisi anjing ke dalam sebuah minibus yang minim ventilasi.

Dia akan membawa puluhan hewan itu ke sebuah sebuah pertunjukan anjing di Marikina City, tak jauh dari Manila, Filipina pada awal bulan ini.

Namun, saat mobil itu tiba di lokasi pertunjukan puluhan anjing itu tergolek lemas. Meski sudah berusaha ditolong sebanyak 30 ekor anjing mati karena kepanasan dan tak bisa bernapas.

Baca juga : Anjing Liar Curi Bayi dari Rumah Sakit untuk Santapan Anak-anaknya

Kejadian mengenaskan ini kemudian direkam dan diunggah ke media sosial. Berbagai video dan foto memperlihatkan puluhan anjing tergolek di kandang dan lantai sementara sejumlah orang berusaha menyelamatkan mereka.

Dalam peristiwa itu, hanya beberapa ekor anjing saja yang lolos dari kematian.

"Dengan mengunggah video ini, saya berharap bisa mencegah tragedi semacam ini terulang," kata Penny Cham yang mendapatkan video itu dari anggota klub pecinta anjing.

Akibat peristiwa ini klub penyayang anjing di kota itu merilis pernyataan yang mengecam peristiwa itu dan membekukan keanggotan sang pemilik puluhan anjing itu pada Jumat (8/12/2017).

Sementara, pada Selasa (12/12/2017), senator setempat Francis Pangilinan mengatakan, sang pemilik anjing yang menghilang telah melanggar Undang-undang Kesejahteraan Hewan.

"Jika terbukti bersalah dia terancam penjara maksimum 90 tahun dan denda 149.000 dolar AS (Rp 2 miliar)," ujar Pangilinan.  

Baca juga : Tinggalkan Anjing Selama 8 Jam di Mobil yang Berujung di Kantor Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com