Ribuan Anak Anjing Diselundupkan ke Inggris untuk Kado Natal - Kompas.com

Ribuan Anak Anjing Diselundupkan ke Inggris untuk Kado Natal

Veronika Yasinta
Kompas.com - 14/11/2017, 15:23 WIB
Ribuan anak anjing ras diselundupkan secara ilegal ke Inggris menjelang perayaaan natal. (Sky News) Ribuan anak anjing ras diselundupkan secara ilegal ke Inggris menjelang perayaaan natal. (Sky News)


LONDON, KOMPAS.com - Ribuan anak anjing ilegal diselundupkan ke Inggris setiap menjelang perayaan Natal. Anak anjing menjadi favorit sebagai kado Natal.

Badan Amal Penyelamat Anjing, Dogs Trust menyebutkan, hampir 100 ekor anak anjing diselamatkan dari perbatasan, tiap minggunya.

Permintaan anjing ras seperti pug, dachshund, dan French bulldog memicu perdagangan ilegal yang menghasilkan puluhan ribu poundsterling.

Tak hanya ilegal, anak-anak anjing itu memiliki masalah perilaku dan kesehatan. Hewan tersbeut biasanya dibawa dari Eropa tengah dan timur.

Baca juga : Philae, Anak Anjing yang Jadi Kado Natal untuk Presiden Perancis

Dilansir dari Sky News, Selasa (14/11/2017), Direktur Dogs Trust, Paula Boyden mengatakan pembelian anak anjing secara ilegal berpotensi merugikan masyarakat. Anjing yang mengalami kondisi buruk harus dikarantina dengan biaya ribuan poundsterling.

"Tagihan dokter hewan juga akan membengkak. Sakit hati yang emosional juga akan menimpa keluarga jika anak anjing itu sakit parah dan mati," katanya.

Tahun lalu, sekitar 275.876 anjing diselundupkan ke Inggris. Angka itu meningkat tiga kali lebih banyak dibandingkan 2011.

Badan amal itu juga menemukan 1 dari 7 anjing mengalami luka infeksi di telinga dan ekornya dipotong secara ilegal.

Baca juga : Anak Anjing Menjadi Simbol Harapan Usai Ledakan Tianjin China

"Kami heran kenapa peternak anjing dan penjual mengimpor anak-anak anjing secara ilegal, untuk mendapatkan keuntungan besar tanpa memperhatikan kondisinya," ucap Boyden.

Juru Bicara Kementerian Lingkungan, Pangan, dan Pedesaan Inggris menyatakan, setiap anjing yang diimpor ke Inggris harus memiliki mikrochip dan paspor.

Selain itu, anjing harus divaksin dan memiliki usia cukup untuk dikirim dalam perjalanan.

PenulisVeronika Yasinta
EditorVeronika Yasinta
SumberSky News
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM