Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2017, 21:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BRUSSELS, KOMPAS.com - Jelang pertemuan Uni Eropa (UE) [ada Kamis (19/10/2017) dan Jumat (20/11/2017), insiden terjadi di gedung baru mereka di Brussels, Belgia, Rabu (18/10/2017) sore waktu setempat atau Rabu malam WIB.

Semua karyawan Brussels Europa Building, nama gedung baru UE, itu dievakuasi keluar setelah beberapa pekerja sakit karena mencium gas aneh.

Dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari Mirror, Sekretariat Jenderal Dewan Eropa mengatakan bahwa insiden itu terjadi karena insiden teknis yang menimpa bagian dapur.

"Kesalahan teknis itu menyebar lewat ventilasi di seluruh gedung, dan membuat karyawan sakit," demikian penjelasan resmi Sekretariat Jenderal.

Baca: Uni Eropa Siap Jatuhkan Sanksi Baru terhadap Korut

Meski sempat membuat aktivitas terhenti beberapa saat, Sekretariat Jenderal memastikan pertemuan 27 pemimpin UE bakal terlaksana besok dan Jumat.

Apalagi, laporan menyebutkan bahwa agenda utama dalam pertemuan adalah negosiasi mengenai perceraian Inggris dari UE atau populer disebut Brexit.

Sakitnya para pekerja karena menghirup gas berbahaya merupakan insiden kedua dalam kurun waktu sepekan terakhir.

Sebelumnya, Jumat (13/10/2017), gas beracun juga tercium di gedung yang terkenal dengan julukan "Telur Angkasa" tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com