Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kongres Partai Komunis, Presiden China Berpidato Selama 3,5 Jam

Kompas.com - 18/10/2017, 20:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidatonya dalam kongres Partai Komunis di hadapan sekitar 2.300 delegasi.

Tak tanggung-tanggung, pidato presiden yang membahas mulai dari pencapaian China yang akan memasuki era baru hingga tantangan di masa depan itu memakan waktu sampai 3,5 jam.

Para delegasi yang berasal dari segala unsur masyarakat, militer hingga mantan presiden tampak memperhatikan dengan seksama sembari membalik salinan pidato Xin lembar demi lembar.

Baca juga: Soal Korut, Xi Jinping Minta Trump Jaga Ucapan dan Tindakan

Salah satu tokoh yang hadir adalah mantan presiden China periode 1993-2003, Jiang Zemin yang harus menggunakan kaca pembesar untuk membaca salinan pidato yang dipegangnya.

Tampak sesekali, mantan presiden yang telah berusia 91 tahun itu melihat ke jam tangannya.

Sepanjang pidato, Xi sesekali mengistirahatkan tangannya ataupun menyeruput air dari gelas keramik putihnya.

Di dunia maya, biro pemerintah mengutip sejumlah kutipan dari pidato presiden, sementara sejumlah foto yang beredar menampilkan anak-anak yang dengan serius turut menyimak siaran kongres dari ruang kelas mereka.

Dalam pidato yang disampaikan di Balai Besar Rakyat, Rabu (18/10/2017), di Beijing itu, Xi berjanji China di masa mendatang akan lebih berperan dalam kontribusinya pada dunia dan kemanusiaan.

"Tidak ada negara yang bisa menangani semua tantangan yang dihadapi umat manusia sendirian. Tidak ada negara yang bisa mundur dan mengisolasi diri," ujar Xi seperti diberitakan The Independent.

Baca juga: Pembukaan Belt and Road Forum, Jokowi Disambut Presiden Xi Jinping

Setelah menyampaikan kesimpulan dari pidatonya yang dua kali lebih lama dari yang disampaikan pendahulunya Hu Jintao pada 2012, para delegasi bertepuk tangan dengan antusias sementara Xi membungkukkan badannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com