Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genap 60 Tahun Perjanjian Roma, Landasan Uni Eropa

Kompas.com - 25/03/2017, 08:45 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Deklarasi persatuan Roma menandai ulang tahun Traktat Roma ke- 60 yang menjadi landasan Uni Eropa dan hari dirayakan peringatannya Sabtu (25/3/2017).

Uni Eropa (UE), hari ini, menentukan langkah ke depan pascakeluarnya Inggris dari Uni Eropa UE), yang dikenal dengan sebutan British Exit (Brexit).

"Eropa adalah masa depan kita bersama ," demikian para pemimpin UE  mendeklarasikan ambisi mereka – untuk tetap bersama-sama dalam UE, setelah kehilangan Inggris, salah satu kekuatan utama dalam blok itu.

Pernyataan bersama disampikan untuk menandai ulang tahun ke-60 Traktat Roma yang menjadi pilar UE.

Naskah deklarasi tersebut terdiri dari  935 kata – jauh lebih panjang dari  teks ulang tahun ke-50 di Berlin satu dekade  lalu.

Hampir 100 kata telah ditambahkan pada pekan ini, terutama untuk mengatasi masalah negara-negara anggota eks negara-negara  komunis  dan untuk menyesuaikan keseimbangan pertumbuhan ekonomi dan jaminan kesejahteraan sosial.

Berkurang

Kantor berita Reuters mengutip beberapa penggalan dalam naskah deklarasi tersebut, "Kami, para UE, yang menunjukkan bahwa pemimpin negara-negara itu tidak tenggelam oleh nasionalisme yang menyapu benua itu.”

Kebanyakan warga  Eropa terlalu muda untuk mengingat Perang Dingin pada abad ke-20. Penyebutan ‘kesejahteraan sosial' telah ditambahkan pada pekan ini.

Buka diri

Disebutkan pula dalam pernyataan bersama, " ... membuat Uni Eropa lebih kuat  melalui persatuan dan solidaritas yang lebih besar ... Sebab jika berjalan sendiri-sendiri kita kita akan tergerus  oleh dinamika global. Berdiri bersama-sama adalah kesempatan terbaik  untuk memberikan pengaruh."

Pesan Deklarasi Roma adalah "persatuan", yakni "Kami akan bertindak bersama-sama, dalam langkah dan intensitas yang berbeda di mana diperlukan, sambil bergerak ke arah yang sama, seperti yang telah kita lakukan di masa lalu, sejalan dengan Perjanjian  Uni Eropa dan menjaga pintu terbuka bagi mereka yang ingin bergabung di kemudian hari."

Dijabarkan lebih lanjut, "...Uni Eropa tetap terbuka untuk negara-negara Eropa yang menghormati nilai-nilai kami dan berkomitmen untuk mempromosikannya."

Perjanjian Roma lahir dari gagasan Perancis dan Jerman yang dulu ingin  menghentikan permusuhan dengan membentuk satu mekanisme bersama.  

Pada 25 Maret 1957, Perjanjian Roma juga membentuk  Masyarakat Eropa sebagai pondasi dan pilar utama  UE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com