Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Kepala Negara dengan Masa Jabatan Tersingkat di Dunia

Kompas.com - 16/03/2017, 17:54 WIB

KOMPAS.com - Seorang pemimpin negara sejatinya disiapkan untuk berkuasa selama beberapa tahun. Beberapa di antara mereka bahkan berkuasa hingga puluhan tahun.

Namun, sejumlah kepala negara hanya sempat menikmati kekuasaan dalam waktu yang sangat singkat bahkan tak mencapai hitungan pekan. Berikut 10 kepala negara di dunia dengan masa kekuasaan paling singkat.

10. Khalid bin Bargash (Zanzibar)

Khalid bin Bargash memerintah Zanzibar hanya selama dua hari setelah menggantikan sepupunya yang meninggal dunia pada 1896.

Namun, Inggris menolak mengakui suksesi tahta kesultanan Zanzibar dan mendesak Khalid bin Bargash turun tahta dalam waktu dua hari.

Khalid menolak dan Inggris akhirnya mengirimkan kapal-kapal perang dan tentaranya untuk menyerang Kesultanan Zanzibar.

Situasi ini memicu perang Inggris-Zanzibar yang berlangsung selama 38 menit pada 27 Agustus 1896, sekaligus menjadi konflik bersenjata tersingkat antara kedua negara.

Meski berlangsung singkat perang itu menewaskan dan melukai 500 orang Zanzibar, dua kapal tenggelam, dan satu tentara Inggris terluka.

9. Diosdado Cabello (Venezuela)

Cabello hanya bertahan satu hari sebagai presiden  Venezuela pada 2002. Saat itu, terjadi upaya kudeta untuk menggulingkan Hugo Chavez yang membuat sang presiden kerap tak bisa menjalankan tugasnya.

Pada 13 April 2002, Cabello mengambil sumpah jabatan sebagai presiden. Dalam sumpah jabatannya, Cabello mengatakan, dia akan menjalankan jabatan itu hingga Hugo Chavez muncul dan bisa menjalankan tugasnya.

Benar saja, beberapa jam setelah sumpah jabatan itu, Chavez muncul dan didudukkan kembali menjadi presiden Venezuela.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com