Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Negara Paling Damai di Dunia

Kompas.com - 22/09/2016, 18:22 WIB

KOMPAS.com - Banyak hal yang membuat sebuah negara menjadi tempat yang nyaman bagi warganya. Salah satunya adalah kondisi damai di sebuah negara.

Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian mencoba menyusun negara-negara paling damai di dunia.

Ada 22 indikator yang digunakan untuk menentukan level kedamaian sebuah negara misalnya angka kejahatan, hubungan dengan negara sekitar dan tak pernah terlibat perang.

Berikut 10 negara terdamai di dunia 2016 versi Institut Ekonomi dan Perdamaian.

10. Republik Ceko

Republik Ceko adalah negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Jerman, Austria, Slovakia, dan Polandia.

Industri pariwisata adalah penyumbang terbesar pendapatan negeri pecahan Cekoslovakia ini. Ibu kotanya, Praha adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Eropa.

Para wisatawan yang datang ke Ceko tak perlu khawatir soal kekerasan atau perampokan. Sebab, Ceko adalah salah satu negara dengan tingkat kejahatan paling rendah di dunia.

Akibat proses migrasi, Ceko kini menjadi salah satu negara dengan populasi paling bhinneka di Eropa.  Selain aman, Ceko juga memiliki sistem transportasi yang baik dan murah.

9. Australia

Hampir semua tersedia di Australia, mulai dari kesempatan kerja, cuaca yang menyenangkan, infrstruktur yang baik, sistem pendidikan yang bagus dan keindahan alam.

Tak hanya itu, angka kejahatan seperti perampokan, pemerkosaan dan pembunuhan di Negeri Kanguru ini sangat rendah. Sehingga siapapun bisa bepergian di negeri ini dengan aman.

Rakyat negeri ini sangat memercayai pemerintahnya yang tercermin dari jumlah pemberi suara yang sangat tinggi di saat pemilu digelar.

Selain itu, Australia juga merupakan salah satu negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia.

8. Jepang

Angka kejahatan di negeri dengan teknologi sangat maju ini dikenal sangat rendah. Pembunhuan atau kekerasan lainnya jarang terjadi di negeri ini.

Selain itu Jepang adalah negara kaya dan menjadi kekuatan ekonomi ketiga terbesar di dunia dengan hubungan internasional yang sangat baik.

Sistem transportasi Jepang, terutama kereta api merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Rata-rata waktu keterlambatan kereta api di negeri ini hanya 10-16 detik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com