Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Kantong Udara Segar di Sebuah Mal di China Dihargai Rp 2.000

Kompas.com - 22/09/2016, 13:55 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Sebuah pusat perbelanjaan di kota Xi'an, provinsi Shaanxi, menjual berkantong-kantong udara segar yang dihargai sangat murah, yaitu 1 yuan atau sekitar Rp 2.000 per kantong.

Sejauh ini tak diketahui dari mana udara segar itu berasal, tetapi yang jelas banyak pengunjung pusat perbelanjaan itu rela antre untuk membeli sekantong udara yang kualitasnya lebih baik dari udara di kota Xi'an.

Kota Xi'an adalah salah satu kota besar di China yang mengalami masalah polusi asap sangat berat, khususnya pada musim dingin.

Bahkan, hasil sebuah studi terbaru menunjukkan, menghirup udara penuh polusi di China bisa memperpendek usia seseorang hingga 25 bulan.

Hasil studi lain menunjukkan, 4 juta warga China didiagnosis menderita berbagai jenis kanker sepanjang 2015. Diduga, penyebabnya juga terkait polusi udara yang sangat parah.

Sejak 2010, penyakit kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di China, dengan kanker paru-paru menempati urutan teratas.

Di sisi lain, buruknya kualitas udara China membuka peluang bisnis baru. Beberapa pengusaha sudah menjual udara segar untuk warga, bahkan beberapa orang mengimpor langsung udara dari Kanada dan Australia yang dijual dengan harga mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com