Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

29 Dokter Terakhir di Aleppo Kirim Surat Terbuka untuk Obama

Kompas.com - 11/08/2016, 12:06 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Beberapa orang dokter yang tersisa di kota Aleppo, Suriah yang terkepung menulis surat terbuka kepada Presiden AS Barack Obama memohon agar dia melakukan intervensi.

Kota itu kini dikepung pasukan pemerintah Suriah sementara pasukan pemberontak berusaha keras untuk mempertahankan kota terbesar kedua di Suriah tersebut.

Surat yang ditandatangani 29 dokter terakhir di Aleppo itu juga meminta aksi internasional untuk memastikan agar Aleppo dibebaskan dari pengepungan.

Bagaimana isi surat itu?

" Bapak Presiden Obama yang terhormat,

Kami adalah 29 orang dokter terakhir yang melayani 300.000 warga di sisi timur kota Aleppo, Suriah.

Pasukan pemerintah kini tengah berusaha untuk mengepung dan memblokade seluruh sisi timur kota.

Kekalahan pasukan pemerintah berarti pasokan makanan bisa masuk ke sisi timur Aleppo untuk pertama kalinya dalam beberapa pekan.

Pengepungan, untuk sementara dicabut, tetapi pencabutan ini bukan hasil dari diplomasi. Hidup mati kami sangat tergantung dari pasang surut di medan pertempuran.

Selama lima tahun, setiap hari kami menghadapi ancaman kematian yang datang dari atas. Namun, kini ancaman kematian itu datang dari segala penjuru.

Selama lima tahun, kami menyaksikan para pasien, teman dan kolega kami mengalami penderitaan dan siksaan sebelum kematian menjemput mereka.

Selama lima tahun, dunia diam dan hanya berkata situasi di Suriah sangat rumit, dan hampir tak melakukan apapun bagi kami.

Tawaran terbaru terkait evakuasi yang datang dari pemerintah dan pasukan Rusia lebih menyerupai ancaman tersamar terhadap penduduk.

Tawaran itu seperti mengatakan kepada penduduk jika tidak pergi sekarang maka hadapilah nasib kalian.

Bulan lalu, terjadi 42 serangan terhadap fasilitas medis di Suriah, 15 serangan terjadi di rumah-rumah sakit tempat kami bekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com