Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aljazair Tutup Sementara Media Sosial Selama Ujian Sekolah

Kompas.com - 20/06/2016, 09:36 WIB

ALGIERS, KOMPAS.com – Otoritas Aljazair untuk sementara menutup akses atas media sosial sebagai upaya untuk mengatasi kecurangan dalam ujian akhir sekolah menengah atas.

Hampir setengah siswa di negara itu diharuskan untuk mengulang kembali ujian mulai Minggu (19/6/2016) setelah ujian sebelumnya diwarnai kebocoran soal-soal di internet.

Banyak murid yang bisa mendapatkan soal ujian lewat Facebook dan media sosial lain sebelum mengikuti ujian awal Juni ini.

Aljazair menghadapi masalah kebocoran soal-soal ujian akhir sekolah menengah dalam beberapa tahun belakangan.

Seorang sumber resmi mengatakan, keputusan untuk menutup media sosial ditujukan demi melindungi para siswa dari penerbitan soal-soal ujian palsu.

Akses internet dengan menggunakan jaringan telepon 3G juga dilaporkan terganggu pada Minggu, hari pertama berlangsungnya ujian ulangan.

Awal Juni ini, polisi menangkap belasan orang yang bekerja di kantor pendidikan nasional dan kantor penerbitan sebagai bagian dari penyelidikan bocornya soal ujian sekolah ke media sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com