Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Pemimpin Tertinggi ISIS Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 25/03/2016, 23:06 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Operasi khusus yang dilakukan militer Amerika Serikat (AS) berhasil menewaskan pemimpin tertinggi ke-dua Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Dalam penjelasan resmi pejabat AS di Washington, Jumat (25/3/2016), operasi pengejaran yang digelar sejak Kamis pagi telah menewaskan Abd al-Rahman Mustafa al-Qaduli, yang juga dikenal sebagai Abu Ala al-Afri.

Abu Ala al-Afri sebelumnya telah dipantau keberadaannya beberapa hari sebelum operasi itu digelar.

Sekretaris Pertahanan Ashton Carter serta Kepala Staf Operasi Bersama, Joseph Dunford dijadwalkan bakal segera menggelar konferensi pers mengenai keberhasilan militer AS menewaskan pemimpin IS tersebut.

Dua pejabat pertahanan itu diharapkan juga akan mengonfirmasi tewasnya salah satu pemimpin senior ISIS, Omar al-Shishani atau dikenal sebagai "Omar the Chechen” yang dikabarkan tewas dalam serangan udara pada 14 Maret lalu.

Afri, yang juga disebut sebagai Haji Iman, adalah warga negara Irak yang menjadi bendahara senior ISIS. Dia juga dilaporkan dekat dengan pemimpin ISIS, Abu Omar Baghdadi.

Sebelumnya, dia pernah ditahan dalam tahanan militer Camp Bucca pada 2006, bersama dengan narapidana lainnya.

Setelah meninggalkan Camp Bucca, Afri bergabung dengan Al Qaeda dan kariernya terus merangkak naik. Selanjutnya dia mengikuti membelot dari Al Qaeda dan mengikuti Baghdadi untuk mendirikan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com