Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tarik Mundur Pasukan dari Suriah

Kompas.com - 15/03/2016, 08:59 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Senin (14/3/2016), mengumumkan penarikan mundur pasukannya dari Suriah karena telah mencapai tujuan yang ditetapkan.

Penarikan tentara Rusia akan dilakukan mulai Selasa (15/3/2016). Demikian dikabarkan kantor berita Rusia, Sputnik News.

"Saya kira kementerian pertahanan dan angkatan bersenjata secara umum sudah tercapai, sehingga saya perintahkan kementerian pertahanan untuk memulai penarikan kelompok utama faksi militer kami dari Republik Arab Suriah," ujar Putin.

Rusia memulai serangan udara pada September untuk mendukung rezim Suriah dalam perang saudara yang kini sudah berlangsung lima tahun.

Putin membicarakan rencana penarikan mundur pasukannya ini dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad lewat sambungan telepon.

"Kedua pemimpin mencatat bahwa operasi yang digelar AU Rusia telah memberi mengubah jalannya perang melawan teroris di Suriah, merusak infrastuktur mereka dan menghasilkan kehancuran substansial," demikian pernyataan Kremlin.

Sementara itu, Assad  mencatat, personel militer Rusia memiliki profesionalisme, keberanian dan heroisme luar biasa dalam menjalankan tugas mereka di Suriah.

"Assad menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Rusia yang telah memberikan bantuan substansial dalam memerangi terorisme dan menyediakan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil," tambah Kremlin.

Pada hari yang sama, Presiden Putin juga membicarakan rencana penarikan mundur pasukannya di Suriah dengan Presiden AS Barack Obama.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com