Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Lebanon Baku Tembak dengan Militan, 9 Tewas

Kompas.com - 10/03/2016, 18:25 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Angkatan Darat Lebanon terlibat baku tembak dengan kelompok militan di timur laut negara itu di perbatasan dengan Suriah, Kamis (10/3/2016).

Akibat baku tembak itu, seorang prajurit Lebanon dan delapan anggota kelompok militan tewas.

"Baku tembak pecah antara 'teroris' dan militer Lebanon sekitar pukul 03.00 Kamis dini hari dekat kota perbatasan Ras Baalbek," kata seorang pejabat militer Lebanon yang tak mau disebutkan namanya.

Sejauh ini belum diperoleh informasi soal kelompok militan yang terlibat baku tembak dengan tentara Lebanon itu.

Pejabat itu menambahkan, situasi di kawasan Ras Baalbek kini sudah kembali tenang dan delapan prajurit yang terluka sudah mendapatkan perawatan.

AD Lebanon kerap memerangi kelompok ekstremis di sekitar Ras Baalbek. Tahun lalu, sedikitnya 5 tentara Lebanon tewas dalam baku tembak di kota itu.

Pada Agustus 2014, AD Lebanon baku tembak melawan pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan Front Al-Nusra yang berafiliasi dengan Al-Qaeda.

Bentrokan itu terjadi di kota Arsal yang terletak di dekat kota Ras Baalbek. Saat itu, ISIS dan Al-Nusra menyekap 30 prajurit Lebanon saat mundur dari kota Arsal.

Setelah melalui negosiasi panjang, 16 prajurit Lebanon dibebaskan untuk ditukar dengan beberapa tahanan militan yang dipenjara di Lebanon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com