Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebanon Tangkap Burung Nasar karena Dikira Mata-mata Israel

Kompas.com - 28/01/2016, 15:21 WIB
BINT JBAIL, KOMPAS.com — Seekor burung nasar atau burung pemakan bangkai yang terbang melintasi perbatasan Israel dan Lebanon ditangkap karena dicurigai sebagai mata-mata.

Burung nasar itu, yang dipasangi alat pelacak dari Universitas Tel Aviv, meningkatkan kecurigaan warga kota Bint Jbeil di Lebanon yang menangkapnya.

"(Penduduk setempat di Lebanon) menangkap burung itu," kata ahli ekologi burung, Ohad Hatzofim, seperti dikutip CNN. "Mereka memegang burung itu."

Staf di Gamla Nature Reserve mampu melacak burung itu saat burung tersebut melintasi perbatasan, tetapi sinyal keberadaannya hilang tak lama setelah burung itu memasuki Bint Jbeil.

Burung itu dibolehkan terbang bebas sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan populasi burung nasar yang berkurang di Israel. Namun, warga di Lebanon berusaha untuk memastikan bahwa tidak ada tipu muslihat yang dilakukan Israel mengingat sejarah antara kedua negara.

"Ini bukan kali pertama warga Lebanon selatan menemukan burung yang menjadi sasaran penelitian Israel," lapor Haaretz. Setelah memeriksa burung itu untuk memastikan satwa itu tidak membawa peralatan yang berfungsi mata-matai, burung itu dikembalikan ke alam.

Pihak berwenang di Israel tidak mampu melacak burung itu sejak ditangkap walau burung itu telah dilepaskan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UPI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com