Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Donald Trump Berisi Larangan bagi Orang Muslim Masuk ke AS

Kompas.com - 05/01/2016, 09:07 WIB
KOMPAS.com — Iklan pertama bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, berisi seruan larangan warga Muslim masuk ke Amerika.

Materi iklan ini merupakan ulangan dari pernyataan beberapa waktu lalu, yang dikeluarkan setelah insiden penembakan, yang diduga dilakukan oleh pasangan Muslim di San Bernardino, California, pada awal Desember 2015, yang menewaskan 14 orang.

Trump ketika itu mengatakan, "Islam memicu kebencian terhadap Amerika" dan selama pemerintah masih mencari tahu akar persoalan tersebut, ada baiknya semua orang Islam "tak dibolehkan masuk ke Amerika".

Pernyataan ini langsung memicu kecaman baik dari dalam maupun luar Amerika, termasuk dari Kementerian Pertahanan, yang menyebut pernyataan tersebut "membahayakan keamanan Amerika".

Di Inggris, pernyataan ini mendorong pengusulan petisi agar Pemerintah Inggris melarang masuknya Trump.

Hingga akhir Desember, petisi tersebut didukung lebih dari 500.000 tanda tangan.

Iklan pertama Trump yang disiarkan berbagai stasiun televisi di Amerika juga memasukkan janjinya "melumpuhkan ISIS dan menyita minyak mereka".

Iklan itu juga memasukkan seruan untuk menghentikan arus imigrasi dari Meksiko.

Trump menganggarkan dana tak kurang dari 2 juta dollar AS (atau Rp 27,8 miliar) per pekan untuk kampanye melalui televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com