Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Menuding Hillary dan Obama "Ciptakan" ISIS

Kompas.com - 04/01/2016, 22:00 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber CNN

MISSISSIPPI, KOMPAS.com - Pengusaha kontroversial yang juga kandidat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kembali mengeluarkan pernyataan mengejutkan.

Berbicara di Mississippi, akhir pekan lalu, konglomerat bidang properti itu menyebut Presiden AS Barack Obama dan mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton sebagai sosok yang telah “menciptakan” Negara Islam atau ISIS.

Namun, Trump tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana dan apa bukti kedua politisi itu berperan dalam lahirnya kelompok teror itu.

"Mereka menciptakan ISIS. Hillary Clinton dan Obama mengakibatkan kemunculan ISIS,” ucap Trump, dilansir dari CNN, Senin (4/1/2015).

Tudingan terhadap Hillary ini dilancarkan Trump di tengah persaingan menjelang pemilihan presiden AS.

Hillary merupakan salah satu kandidat terkuat dari Partai Demokrat. Sedangkan Trump menjadi kandidat melalui proses pemilihan di Partai Republik.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, pebisnis berusia 68 ini juga menyinggung mengenai ketegangan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran.

"Lihat! Di Teheran, mereka membakar Kedutaan Besar Saudi, sekarang yang ada Iran ingin mengambil kontrol dari Saudi. Mereka selalu menginginkannya, mereka menginginkan minyak Saudi," ucap Trump.

Tidak hanya menyebut Obama dan Hillary, Trump juga menuding mantan Presiden George W Bush sebagai biang-kerok atas kekacauan di Timur Tengah saat ini.

Trump pun mengecam keputusan Bush untuk melancarkan Perang Irak di tahun 2003 silam.

Lihat tudingan Trump dalam video di bawah ini:

Kompas TV Trump Sebut Obama dan Clinton Pencipta ISIS
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNN


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com