Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi Mata Sebut Pelaku Serangan Paris Salahkan Intervensi Perancis di Suriah

Kompas.com - 14/11/2015, 18:50 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Seorang saksi mata penembakan di Paris, Perancis, Jumat (13/11/2015), menyebutkan bahwa salah satu pelaku serangan itu menyalahkan Presiden Perancis yang telah melakukan intervensi dalam perang Suriah.

"Aku jelas mendengar mereka mengatakan, 'Ini kesalahan (Presiden Perancis Francois) Hollande. Itu kesalahan dari presiden Anda. Dia seharusnya tidak campur tangan di Suriah.' Mereka juga berbicara tentang Irak," kata Pierre Janaszak, seorang presenter radio yang berada di lokasi penembakan gedung konser Bataclan, sebagaimana dikutip oleh AFP, Sabtu (14/11/2015).

Sebuah bom meledak di luar Stade de France, Paris, tempat laga persahabatan antara Perancis dan Jerman, Jumat (13/11/2015) malam atau Sabtu dini hari WIB. Selain diteror bom, Paris juga diteror aksi penembakan di 6 titik.

Sementara itu, KBRI Paris mengimbau kepada WNI yang menetap atau sedang berada di Perancis, khususnya di Paris dan sekitarnya, untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat berada di tempat umum dan keramaian.

WNI yang berada di wilayah yang berdekatan di Perancis diharapkan dapat saling memonitor keberadaan dan keamanan bersama. Orangtua diharapkan senantiasa memantau keberadaan anak-anaknya.

WNI dapat menghubungi KBRI Paris melalui telepon +33(0)145030760 (fixed line) dan +33(0)621122109 (mobile) 24 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com