Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Umumkan Serangan Udara atas ISIS di Suriah

Kompas.com - 27/09/2015, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Perancis untuk pertama kalinya melakukan serangan udara terhadap kekuatan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS di Suriah, Minggu (27/09).

Operasi ini digelar menyusul keputusan untuk memperluas upaya serangan terhadap kelompok militan tersebut, seperti dilaporkan Kantor berita AFP.

Kantor Kepresidenan Perancis mengatakan serangan udara ini dilakukan setelah pihaknya melakukan operasi pengintaian selama dua minggu terakhir.

Selama ini Perancis hanya mengambil bagian dalam serangan udara di Irak, demikian laporan Kantor berita Reuters.

Operasi "melawan ancaman teroris" Negara Islam dikoordinasikan dengan mitra regional, demikian pernyataan tersebut.

'Sia-sia dan tidak realistis'

Pada awal September lalu, Presiden Francois Hollande menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk memulai serangan udara terhadap kelompok militan Negara Islam di Suriah.

Namun demikian, lanjutnya, Perancis sejak awal mengesampingkan pengiriman pasukan untuk melakukan serangan terhadap ISIS yang disebutnya "sia-sia dan tidak realistis".

Sejauh ini lebih dari 220.000 warga Suriah telah tewas dan lebih dari sembilan juta warga negara itu meninggalkan negara itu dengan berstatus sebagai pengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com