Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombongan Pertama Pengungsi Suriah Tiba di Inggris

Kompas.com - 23/09/2015, 11:22 WIB
KOMPAS.com — Rombongan pertama pengungsi Suriah yang akan ditempatkan di Inggris telah tiba di negara itu sejak Pemerintah Inggris mengumumkan perluasan skema jaminan perlindungan terhadap mereka.

Pemerintah Inggris belum mengungkapkan berapa banyak jumlah pengungsi yang akan mendapat jaminan perlindungan tersebut.

Perdana Menteri Inggris telah berjanji akan menampung dan memberikan jaminan perlindungan kemanusiaan kepada 20.000 pengungsi Suriah sampai tahun 2020.

Dalam rancangan skema perlindungan itu, Inggris akan menampung pengungsi Suriah yang sangat rentan dan menghadapi rIsiko terbesar.

Mereka nantinya akan diberikan perlindungan hukum dan akses ke perumahan, pekerjaan, pendidikan, serta, jika dibutuhkan, perawatan medis.

Namun, belum ada kesepakatan antara pemerintah pusat dan daerah tentang bagaimana mengelola dan memberikan dana kepada mereka.

Pemerintah Inggris juga belum mengungkapkan di mana mereka akan ditempatkan.

Tiap bulan 400 pengungsi

Inggris rencananya akan menampung sekitar 400 orang pengungsi setiap bulan untuk memenuhi target 20.000 pengungsi hingga lima tahun ke depan.

Kedatangan rombongan pertama pengungsi Suriah ke Inggris terjadi ketika para menteri Uni Eropa bersepakat atas rencana pembatasan jumlah migran yang menimbulkan kontroversi. Inggris memilih berada di luar skema itu, sementara sejumlah negara, seperti Ceko, Romania, Slowakia, dan Hongaria menolak.

David Cameron membahas krisis migran dengan Presiden Perancis Francois Hollande di sela-sela pertemuan pimpinan negara-negara Uni Eropa menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Eropa pada Rabu ini.

Mereka sepakat bahwa KTT harus fokus pada pendekatan yang lebih komprehensif dalam meningkatkan bantuan, khususnya untuk negara-negara tetangga Suriah agar lebih banyak pengungsi tinggal di sana. Demikian kata juru bicara Downing Street.

Mereka juga sepakat bahwa negara-negara Uni Eropa harus berbuat lebih banyak untuk mengembalikan para pendatang yang tidak memiliki alasan kuat untuk meminta suaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com