Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Hollande Beri Penghargaan untuk Penyelamat Kereta Cepat Perancis

Kompas.com - 24/08/2015, 17:59 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande, Senin (24/8/2015), memberikan penghargaan untuk sejumlah warga AS dan seorang pria Inggris yang membekuk penyerang di kereta cepat jurusan Amsterdam-Paris.

Presiden Hollande menganugerahkan Legion d'Honneur di Istana Kepresidenan Elysee sekaligus mengucapkan terima kasihnya kepada para pahlawan itu.

"Seorang teroris memutuskan untuk melakukan serangan. Dia memiliki senjata dan amunisi yang cukup untuk menciptakan bencana. Itu yang akan dia lakukan jika kalian tidak membekuknya meski hal itu membahayakan nyawa kalian," ujar Hollande.

"Anda sudah menunjukkan kepada kami yang menghadapi teror bahwa kita semua memiliki kekuatan untuk melawan. Anda semua sudah menyampaikan pesan keberanian, solidaritas dan harapan," tambah Hollande.

Seorang penumpang asal Perancis yang juga ikut menyergap si penyerang juga akan diberi penghargaan namun dia memilih untuk tetap tak dikenal.

"Saya masih tak percaya situasi ini benar-benar terjadi," kata Chris Norman (62), konsultan bisnis asal Inggris yang ikut menerima penghargaan dari Presiden Hollande.

"Saya kira di masa depan kita akan lebih sering menghadapi masalah ini dan saya ingin mengajak Anda memikirkan apa yang harus kita lakukan dalam situasi itu," tambah Norman.

"Bertindaklah jika ada kesempatan. Tentu saja kita tak akan mau bertindak jika tak ada harapan. Namun, selama masih ada harapan, bertindaklah," lanjut Norman.

Keempat orang yang menerima penghargaan dari pemerintah Perancis itu adalah Alek Skarlatos dan Spencer Stones personel militer AS yang sedang berlibur serta teman mereka, Anthony Sadler.

Sementara itu, para penyidik masih memeriksa tersangka penyerang, pria asal Maroko Ayoub El Khazzani (25). Dia naik kereta itu dari Brussels, Belgia dengan membawa senapan serbu AK-47, sepucuk pistol otomatis Luger, amunisi dan pisau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com