Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Italia Berlusconi Terbukti Menyuap

Kompas.com - 09/07/2015, 08:19 WIB
KOMPAS.com — Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dinyatakan bersalah menyuap seorang senator pada tahun 2006, terkait usaha menjatuhkan pemerintahan saat itu dari kelompok kiri-tengah.

Pengadilan Napoli menghukum penjara Berlusconi selama tiga tahun dan melarangnya menjadi pejabat pemerintah selama lima tahun.

Perdana menteri sebanyak empat kali masa jabatan itu telah menyangkal tuduhan tersebut. Dia tidak akan menjalani hukuman karena peraturan yang akan berlaku tahun ini di negara itu.

Miliarder tersebut dituduh memberikan 4 juta dollar AS pada tahun 2006 kepada Sergio De Gregorio, yang saat itu menjadi senator dari partai antikorupsi Italy of Values, agar pindah ke partai People of Freedom Berlusconi untuk menggoyahkan pemerintah saat itu.

Pengadilan dilakukan di Napoli karena De Gregorio mewakili daerah itu.

Mantan perdana menteri Italia tersebut telah mengajukan banding terhadap hukuman berhubungan seksual dengan PSK di bawah umur dan penyalahgunaan kekuasaan, serta membocorkan penyadapan polisi.

Dia dinyatakan bersalah melakukan pengemplangan pajak tahun lalu.

Ini merupakan vonis pastinya yang pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com