Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Markas Polisi Irak Dihantam Bom Bunuh Diri, 37 Tewas

Kompas.com - 01/06/2015, 20:57 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah aksi serangan bunuh diri yang menggunakan sebuah mobil lapis baja penuh bahan peledak, Senin (1/6/2015), menimpa sebuah markas polisi Irak di barat laut Baghdad menewaskan setidaknya 37 orang.

Sejumlah pejabat keamanan Irak mengatakan serangan itu menyasar sebuah pangkalan polisi federal yang berlokasi di antara kotar Samarra dan Danau Thathar.

"Sebanyak 37 jenazah dibawa ke rumah sakit Samarra, sebagian besar dari jenazah itu adalah polisi," kata seorang dokter di Samarra kepada AFP.

Dokter itu menambahkan sebanyak 33 orang juga terluka dalam serangan yang oleh beberapa polisi disebut dilakukan seseorang yang mengendarai sebuah tank.

"Serangan itu melibatkan sebuah tank dan mengakibatkan 70 orang tewas dan terluka," kata seorang perwira polisi di provinsi Salahedin.

Kawasan tempat serangan bunuh diri ini terjadi merupakan daerah operasi militer yang ditujukan untuk memotong jalur logistik Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di provinsi Anbar.

ISIS memang berhasil menguasai banyak kendaraan tempur dan persenjataan berat lainnya yang ditinggalkan pasukan Irak yang mundur saat ISIS melakukan serangan kilat di wilayah utara negeri itu tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com