Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Operasi Bom Bunuh Diri, Remaja Australia Anggota ISIS Tewas di Irak

Kompas.com - 12/03/2015, 09:18 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang remaja Ausrtralia yang bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan tewas setelah menjalankan misi bom bunuh diri di kota Ramadi, Irak. ISIS merilis foto Jake Bilardi (18) di dalam sebuah minibus berwarna putih, yang diduga kuat adalah mobil yang digunakannya melakukan aksi bom bunuh diri.

Bilardi dikabarkan menjadi salah seorang dari 13 pelaku bom bunuh diri yang menyerang pasukan Irak dan pos-pos penjagaan di Ramadi pada Rabu (11/3/2015). Pada Kamis (12/3/2015), sebuah foto Bilardi duduk di depan sebuah bendera ISIS diunggah ke Twitter dilengkapi sederet kalimat untuk menjelaskan foto tersebut.

"Saudara Australia kami sduah menjadi syuhada dalam sebuah operasi di Ramadi, Al Anbar," demikian isi keterangan foto tersebut.

Sebuah akun Twitter lain milik ISIS juga mengunggah foto Bilardi dilengkapi kabar soal kematiannya. "Breaking News: Warga Australia Jake Bilardi alias Abu Abdullah menjalankan sebuah operasi di #Ramadi, #Irak," demikian isi komentar di Twitter itu.

Kabar kematian Bilardi di Irak itu membuat keluarganya sangat kecewa. Bakan bibi Bilardi, Connie, terdengar menangis di dalam kediaman keluarga setelah mendengar kabar buruk itu.
Sejauh ini pemerintah Australia belum memberikan konfirmasi terkait tewasnya Jake Bilardi di Irak.

"Kemampuan pemerintah Australia untuk memastikan kebenaran kabar soal kematian warganya di Suriah atau Irak sangat terbatas. Warga Australia yang terlibat dalam konflik di luar negeri sudah menempatkan diri mereka sendiri dalam bahaya," ujar seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Australia.

Bilardi, yang berasal dari Melbourne, tiba di kota Ramadi, Irak tahun lalu. Saat itu dia mengatakan memilih bergabung dengan ISIS untuk "mengejar kematian". Bilardi bahkan sempat mengirimkan pesan-pesan berisi ancaman kepada kepolisian federal Australia yang berisi niatnya melakukan sebuah serangna di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com