Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Akan Kunjungi Sekolah yang Diserang Taliban

Kompas.com - 12/01/2015, 22:07 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Senin (12/1/2015), secara mendadak mengunjungi Pakistan dan dijadwalkan berkunjung ke sekolah yang diserang Taliban bulan lalu dan menewaskan 150 orang.

"Kami mendengar Anda akan mengunjungi Peshawar dan sekolah yang diserang Taliban," kata Sartaj Aziz, penasihat keamanan PM Nawaz Sharif kepada Kerry setibanya di Islamabad.

Sejauh ini belum diperoleh pernyataan resmi Kemenlu AS terkait kunjungan Kerry ke Peshawar. Namun jika kunjungan itu terlaksana maka Kerry menjadi pejabat tinggi AS pertama yang mengunjungi kota itu sejak ketua DPR John Boehner pada 2011.

Seorang pejabat senior Kemenlu AS mengatakan agenda utama Kerry di Pakistan adalah memimpin pembicaraan strategis tahunan antara kedua negara dan melakukan pembicaraan dengan PM Nawaz Sharif.

"Kunjungan Menlu Kerry sangat penting untuk mendorong perjuangan kedua negara melawan ekstremisme," ujar pejabat yang tak mau disebutkan namanya itu.

Sementara itu, pada Senin sekolah-sekolah di Pakistan, termasuk sekolah yang diserang Taliban di Peshawar, kembali memulai proses belajar setelah diliburkan menyusul pembantaian di Peshawar pada Desember lalu.

Pemerintah Pakistan memutuskan memperpanjang masa liburan sekolah karena banyak orangtua yang khawatir dengan keamanan anak-anak mereka di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com