Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS: Sekutu Kirim 1.500 Tentara ke Irak

Kompas.com - 09/12/2014, 09:30 WIB
KUWAIT CITY, KOMPAS.COM - Para sekutu AS telah berkomitmen untuk mengirimkan sekitar 1.500 tentara ke Irak guna memberikan saran dan latihan bagi para tentara Irak dan Kurdi dalam memerangi Negara Islam atau ISIS, kata jenderal AS yang memimpin upaya koalisi, Senin (8/12/2014).

Letnan Jenderal James Terry, yang memimpin semua upaya koalisi melawan ISIS di Irak dan Suriah, mengatakan pasukan itu merupakan tambahan bagi 3.100 tentara yang ditelah direstui Presiden AS Barack Obama untuk dikirimkan ke Irak. Komitmen sekutu itu dibuat dalam sebuah konferensi di antara anggota koalisi pada pekan lalu.

"Ketika kini Anda memulai untuk menyeimbangkan kemampuan yang berbeda-beda di seluruh koalisi, saya pikir kami telah melakukan hal yang cukup baik terkait pengerahan tentara di darat," kata Jenderal Terry kepada wartawan yang ada dalam rombongan Menteri Pertahanan Chuck Hagel di Kuwait.

Jenderal Terry menolak untuk membeberkan negara-negara mana saja yang akan berkontribusi, tetapi mengatakan pasukan itu akan mewakili gabungan dari koalisi, dalam sisi militer, yang sekarang mencakup hampir 40 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com