Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irak: Wanita yang Ditangkap Lebanon Bukan Istri Pemimpin ISIS

Kompas.com - 04/12/2014, 10:04 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemerintah Irak menyatakan, perempuan yang ditangkap aparat keamanan Lebanon bukan salah seorang istri dari pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Irak, perempuan yang diidentifikasi Pemerintah Lebanon, bernama Saja al-Duleimi, adalah saudara dari seorang pria yang ditahan di Irak dan dijatuhi hukuman mati terkait serangan bom.

Ditambahkan bahwa pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, memang memiliki dua istri, tetapi tidak satu pun yang bernama Saja al-Duleimi.

Sebuah surat kabar Lebanon menyatakan bahwa istri dan anak Al-Baghdadi ditangkap beberapa hari lalu ketika melintasi perbatasan masuk ke Lebanon dengan menggunakan dokumen palsu. Interogasi atas Saja setelah dia ditangkap diawasi oditur militer Lebanon.

Tidak jelas kenapa yang disebut istri dan anak Al-Baghdadi itu melintas ke Lebanon karena di negara itu tidak ada wilayah yang dikuasai ISIS.

Kelompok itu saat ini menyandera sejumlah tentara Lebanon dan mengancam akan membunuh mereka bila anggota-anggota kelompok itu tidak dilepaskan dari penjara Lebanon.

Wartawan BBC di Beirut sebelumnya melaporkan, jika yang tertangkap benar-benar istri dan putra Al-Baghdadi, pemerintah mungkin akan memanfaatkan mereka untuk menekan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com