Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus: Di Masa Depan, Sangat Mungkin Ada Banyak Paus Pensiun

Kompas.com - 27/05/2014, 07:34 WIB

ROMA, KOMPAS.com -- Paus Fransiskus, Senin (26/5/2014), menyatakan ada saja kemungkinan dia akan mengambil langkah pensiun sebagai paus seperti pendahulunya, Paus Benediktus XVI, alih-alih menjabat sampai meninggal. Konsep paus emeritus, menurut dia, suatu saat kelak akan menjadi hal biasa di lingkungan gereja.

"Saya akan melakukan apa yang Tuhan beritahu saya untuk lakukan," kata Paus dalam perjalanan pulang dari lawatan ke Timur Tengah, Senin (26/5/2014). Dia menyampaikan hal itu ketika ditanya apakah dia akan mengambil langkah pensiun bila kesehatannya tak memungkinkannya memerintah gereja dengan 1,2 miliar pengikut di seluruh dunia ini.

"Saya berpikir bahwa Benediktus XVI bukanlah kasus yang unik. Saya pikir kita harus melihat dia (dengan sudut pandang) lembaga yang membuka pintu, (yaitu) pintu untuk paus emeritus," kata Fransiskus yang sekarang berusia 77 tahun.

Paus Fransiskus menyatakan bahwa fakta orang-orang sekarang cenderung berumur panjang membuka kemungkinan di masa depan seorang paus mengundurkan diri karena alasan kesehatan. "Apakah akan ada lebih banyak (pengunduran diri kepausan)? Tuhan yang tahu, tapi pintu itu terbuka," kata dia.

Paus Benediktus XVI merupakan paus pertama sejak abad pertengahan yang mengundurkan diri secara sukarela pada Februari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com