Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Jenderal Polisi Mesir Tewas Dibom

Kompas.com - 23/04/2014, 16:26 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Seorang brigadir jenderal polisi Mesir tewas akibat ledakan bom yang diletakkan di bawah mobilnya di Kairo, Rabu (23/4/2014), dalam serangan kelima dalam sepekan yang menyasar aparat kepolisian.

Ledakan yang terjadi di kawasan elite di pinggiran barat Kairo itu menewaskan Brigjen Ahmed Zaki, komandan pasukan keamanan wilayah Mesir tengah, yang selama ini berada di garis depan operasi penangkapan para pendukung presiden terguling Muhammad Mursi.

Zaki adalah perwira senior kepolisian ketiga yang tewas dalam sebuah serangan maut sejak awal tahun ini.

Dalam sebuah insiden terpisah, seorang letnan polisi juga tewas dalam sebuah baku tembak dengan sejumlah "elemen teroris" yang diburu di kota Aleksandria.

Sebuah kelompok militan yang kurang dikenal, Ajnad Misr (Prajurit Mesir), mengklaim berada di belakang sejumlah serangan terhadap aparat kepolisian di Kairo dan bersumpah akan terus melakukan serangan untuk membalaskan perlakuan yang diterima para pendukung Mursi.

Namun, serangan paling mematikan di Kairo dan sebagian wilayah Mesir, termasuk di wilayah bergolak Semenanjung Sinai, diklaim oleh kelompok Ansar Beit al-Maqdis (Para Partisan Jerusalem), sebuah kelompok militan yang terinspirasi Al Qaeda.

Berdasarkan data resmi pemerintah, sebanyak 500 orang, sebagian besar adalah polisi dan tentara, tewas dalam berbagai serangan bom dan penembakan oleh militan sejak tergulingnya Muhammad Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com