Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Arab Kecam Pembantaian Massal oleh Pemerintah Suriah

Kompas.com - 27/03/2014, 06:45 WIB

Liga Arab mengeluarkan pernyataan keras yang mengecam keras pembunuhan dan pembantaian massal yang dilakukan oleh Pemerintah Suriah.

Kecaman itu disampaikan pada akhir pertemuan puncak yang berlangsung di Kuwait, Rabu (26/3/2014).

Mereka juga menyerukan penyelesaian politik atas konflik selama tiga tahun yang sudah berkembang menjadi perang saudara, yang menurut PBB sudah menewaskan lebih dari 100.000 jiwa.

Krisis Suriah mendominasi pembicaraan dalam pertemuan tersebut dan perbedaan politik di kalangan negara anggotanya dalam masalah Suriah tidak bisa diselesaikan.

Selain itu, para pemimpin Liga Arab bersatu dalam mendukung penolakan Palestina untuk tidak mengakui Israel sebagai negara Yahudi karena bisa mengancam upaya perundingan damai Israel-Palestina yang ditengahi Amerika Serikat.

Sementara itu, dalam masalah lainnya, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain mengungkapkan keberatan terhadap Qatar yang disebut sebagai ekstremisme di kawasan.

Ketiga negara itu sempat menarik duta besarnya dari Qatar awal Maret lalu setelah menyebut Qatar gagal menerapkan kesepakatan keamanan yang ditandatangani untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri masing-masing.

Qatar mendanai stasiun TV Al Jazeera, yang peliputannya di dunia Arab sudah lama dipandang dengan penuh kecurigaan oleh Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com