Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Pesawat Tempur Turki Hadang Dua Pesawat Tempur Suriah

Kompas.com - 08/02/2014, 22:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Empat pesawat tempur F-16 Turki menghadang dua pesawat tempur Suriah yang mencoba mendekati wilayah selatan Turki. Militer Turki dalam warta di lamannya mengatakan hal itu pada Sabtu (8/2/2014). Insiden itu terjadi pada dua tempat terpisah, tulis AP.

Pada kejadian pertama, dua F-16 Turki menghadang satu MIG-25 Suriah yang terbang depat dengan perbatasan Cilvegozu di Provinsi Hatay. Lalu, kejadian kedua adalah saat dua F-16 Turki menghadang helikopter MI-17 yang mendekati Karbeya.

Catatan militer Turki juga menyebutkan kalau MIG-25 Suriah itu hanya berjarak 2,7 mil laut dari perbatasan Turki. Sementara, jarak antara helikopter MI-17 Suriah dengan perbatasan Turki 3,7 mil laut.

Upaya penghadangan terhadap jet-jet tempur Suriah meningkat sejak sebuah pesawat tempur Turki ditembak jatuh oleh militer Suriah pada 2012 lalu. Sementara, Turki menembak jatuh sebuah MI-17 Suriah pada September 2013. Pesawat helikopter Suriah itu masuk sejauh 2 kilometer ke dalam wilayah Turki sembari mengabaikan peringatan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com