Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Tentara Suriah Tewaskan 46 Warga Sipil

Kompas.com - 03/02/2014, 09:27 WIB
Pasukan Pemerintah Suriah dilaporkan menewaskan sedikitnya 46 warga sipil di Aleppo, kota di bagian utara negara itu. Kelompok pegiat Suriah, SOHR, mengatakan, helikopter pemerintah menjatuhkan drum-drum berisi bahan peledak ke Aleppo.

Penggunaan bom drum dikecam oleh para pegiat hak asasi manusia karena mengenai kawasan meluas yang tidak terpusat pada sasaran tertentu.

Laporan SOHR menyebutkan, sebanyak 33 warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dalam serangan di daerah Al-Bab pada Sabtu (1/2/2014), sementara 13 lainnya di kawasan timur kota tersebut.

Sejumlah anggota kelompok pemberontak juga tewas dalam serangan Sabtu.

Pasukan pemerintah melancarkan serangan atas kawasan yang dikuasai kelompok pemberontak di Aleppo dalam beberapa pekan belakangan.

Sementara Rusia, sekutu utama Pemerintah Damaskus, menghambat upaya PBB untuk mengeluarkan pernyataan yang mengecam serangan udara atas warga sipil di Aleppo. Menteri Pertahanan Suriah Jenderal Fahd al-Freij mengunjungi Aleppo, Jumat (31/1/2014) pekan lalu, dan memuji tentara pemerintah atas kemenangan dan pembebasan sejumlah wilayah di Aleppo.

PBB memperkirakan lebih dari 100.000 orang tewas dalam konflik berdarah di negara itu sejak maraknya perlawanan atas pemerintah Presiden Bashar al-Assad sekitar tiga tahun lalu.

Upaya internasional untuk mendamaikan kedua pihak yang bertikai di Suriah lewat perundingan di Geneva, pekan lalu, masih belum membuahkan hasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com