Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vatikan Kanonisasi 124 Martir Korea

Kompas.com - 08/02/2014, 20:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Vatikan melakukan kanonisasi atau proses untuk penganugerahan gelar orang kudus dalam khazanah tradisi Gereja Katolik Roma terhadap 124 martir Korea yang hidup pada akhir abad 18 hingga awal abad 19. Menurut warta AP pada Sabtu (8/2/2014), proses tersebut dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus. Proses tersebut berhubungan dengan rencana kunjungan Paus Fransiskus pada Hari Orang Muda Asia di Daejeon, Korsel pada 10-17 Agustus mendatang.

"Vatikan mengakui kemartiran Paul Yun Ji-chung dan 123 rekannya,"kata pernyataan resmi pimpinan Gereja Katolik Roma tersebut.

Catatan menunjukkan para martir itu dibunuh karena mempertahankan iman Katolik mereka. Mereka hidup pada 1791 sampai dengan 1888.

Masih terkait dengan Korsel, sebulan lalu, Paus Fransiskus memasukkan Uskup Agung Seoul Andrew Yeom Soo-jung dalam daftar 16 uskup yang akan dilantik menjadi kardinal. Pelantikan akan berlangsung di Vatikan pada 22 Februari 2014.

Dari total 49 juta rakyat Korsel, 8 persen di antaranya memeluk agama Katolik Roma. Sementara, pendahulu Paus Fransiskus, Paus Yohanes Paulus II, pada 1984 sudah melakukan kanonisasi untuk 103 martir asal Korsel. Paus Yohanes Paulus II berkunjung ke Korsel pada 1989.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com