Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Harley Milik Paus Terjual ke Pembeli Misterius

Kompas.com - 07/02/2014, 10:14 WIB
PARIS, KOMPAS.COM — Sebuah sepeda motor Harley-Davidson yang sempat dimiliki Paus Fransiskus telah terjual dengan harga 241.500 euro (setara Rp 3,9 miliar), atau 16 kali nilai asli tertingginya, dalam sebuah lelang di Paris, Perancis, lapor kantor berita AFP, Kamis (6/2/2014).

Pembuat sepeda motor asal AS itu memberikan satu unit motor Harley jenis Dyna Super Glide 1.585cc kepada Paus pada Juni lalu untuk menandai ulang tahun ke 110 merek tersebut. Walau Paus berusia 77 tahun tidak pernah mengendarainya, dia menandatangani sepeda motor itu sebelum menyumbangkannya untuk badan amal Gereja Katolik, Caritas Roma.

"Ini merupakan sebuah rekor untuk sepeda motor post-vintage, dari abad ke-21," kata rumah lelang Bonhams Perancis. Rumah lelang itu mengatakan bahwa sepeda motor tersebut dibeli oleh pembeli asal Eropa yang tidak teridentifikasi.

Dana hasil penjualan akan digunakan untuk perbaikan tempat penginapan dan dapur umum badan amal Caritas Roma yang berbasis di stasiun kereta api Termini, Roma.

Sebuah jaket yang juga diberikan kepada Paus oleh Harley-Davidson laku seharga 57.500 euro (Rp 943 juta).

Sepeda motor tersebut dipamerkan di Grand Palais di Paris, di mana lelang itu berlangsung, di antara ratusan kendaraan ikonik lainnya, seperti Rolls-Royce dan Cadillac.

Menurut Bonhams, Paus Fransiskus punya sebuah Harley-Davidson lain, walau Paus yang terkenal rendah hati itu lebih menyukai bus. Ia memilih naik bus sehari setelah pemilihannya tahun lalu, bukannya limusin, dan secara reguler menggunakan bus kota di tanah airnya, Argentina, ketimbang naik taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com