Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelson Mandela Dimakamkan 15 Desember

Kompas.com - 07/12/2013, 00:36 WIB
PRETORIA, KOMPAS.com - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Jumat (6/12/2013), mengumumkan 10 hari masa berkabung menyusul wafatnya pejuang anti-apartheid Nelson Mandela.

Masa berkabung itu, kata Zuma, akan diakhiri dengan upacara pemakaman kenegaraan untuk mendiang Mandela yang dijadwalkan pada 15 Desember mendatang.

"Mantan presiden Mandela akan mendapatkan upacara pemakaman kenegaraan. Beliau akan dimakamkan pada 15 Desember di Qunu, Provinsi Eastern Cape," ujar Zuma.

"Kita harus bekerja sama menggelar upacara pemakaman terbaik untuk putra terbaik negeri ini dan bapak bangsa kita yang masih muda ini," tambah Zuma.

Zuma menyerukan, agar seluruh warga Afrika Selatan berpartisipasi dalam satu hari doa untuk Mandela pada Minggu (8/12/2013).

"Kami tetapkan Minggu, 8 Desember, sebagai hari berdoa dan refleksi nasional," kata Zuma.

"Saya serukan kepada semua warga untuk berkumpul di ruang serba guna, gereja, masjid, kuil, sinagoga atau di rumah masing-masing untuk menggelar doa dan meditasi, mengenang kehidupan Madiba dan kontribusinya untuk negeri ini dan dunia," lanjut Zuma.

Pada Senin (9/12), anggota parlemen akan dipanggil dari masa reses mereka lalu menggelar sebuah sesi khusus untuk menghormati warisan Mandela.

Sementara itu, perayaan doa nasional akan digelar pada 10 Desember di Stadion Soccer City, Soweto yang berkapasitas 90.000 orang. Stadion inilah yang menjadi tempat final Piala Dunia 2010, sekaligus menjadi ajang besar terakhir yang dihadiri Mandela.

Selanjutnya, jasad Mandela akan disemayamkan di ibu kota Pretoria untuk mendapatkan penghormatan terakhir.

"Mulai 11-13 Desember, mendiang Mandela akan disemayamkan di Union Buildings, Pretoria, tempat di mana dia bertugas menjadi presiden pertama negeri yang masih muda ini," tambah Zuma.

Juru bicara pemerintah Afrika Selatan, Phumla Williams mengatakan sejumlah kepala negara akan menghadiri upacara doa di Soweto dan sebagian lainnya akan menghadiri upacara pemakaman Mandela.

Tokoh-tokoh dunia seperti Presiden AS Barack Obama, Bill dan Hillary Clinton, serta sejumlah selebriti seperti Oprah Winfrey kemungkinan besar akan menghadiri upacara pemakaman Mandela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com