Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2020, 14:12 WIB

WUHAN, KOMPAS.com - Terdapat cerita pilu dari balik wafatnya tenaga medis di China. Sebagian dari mereka terinfeksi oleh virus corona alias Covid-19. Tidak sedikit juga yang meninggal karena kelelahan dan serangan jantung.

Berikut ini daftar beberapa tenaga kerja medis yang wafat disarikan dari berbagai sumber:

1. Dokter Li Wenliang

Dokter Li Wenliang dari balik ranjang rumah sakit. Dia menjadi pembicaraan sekaligus dianggap pahlawan karena memperingatkan virus corona sebelum menjadi wabah. Namun, unggahannya dianggap meresahkan publik hingga dia ditangkap polisi.Weibo via BBC Dokter Li Wenliang dari balik ranjang rumah sakit. Dia menjadi pembicaraan sekaligus dianggap pahlawan karena memperingatkan virus corona sebelum menjadi wabah. Namun, unggahannya dianggap meresahkan publik hingga dia ditangkap polisi.

Dokter Wenliang mengidap virus corona ketika bekerja di rumah sakit pusat Wuhan. Dia telah mengirimkan peringatan kepada tenaga medis lainnya pada 30 Desember 2019.

Namun, kepolisian setempat malah menahannya dengan dakwaan penyebaran berita bohong. Li Wenliang kemudian dikabarkan wafat pada Jumat (7/2/2020) karena infeksi virus corona. 

Baca juga: Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah, Ini Negara Tetangganya yang Positif Virus Corona

2. Direktur Wuchang Wuhan Hospital, Dokter Liu Zhiming

Dr. Liu Zhimming, direktur RS Wuchang Wuhan dikabarkan masih dalam perawatan medis. Pihak Otoritas Hubei membantah berita meninggalnya direktur tersebut.Daily Mirror Dr. Liu Zhimming, direktur RS Wuchang Wuhan dikabarkan masih dalam perawatan medis. Pihak Otoritas Hubei membantah berita meninggalnya direktur tersebut.

Adalah seorang dokter neurologi yang sangat dihormati. Sebelum meninggal, dilansir dari Los Angeles Times, istrinya, Cai Liping, memohon untuk bisa merawatnya pada akhir Januari 2020. 

Liu menolak tawaran sang istri karena takut istrinya tertular. Namun, sang istri kerap menawarkan bantuan.

"Apakah kau membaca pesanku? Bisakah aku merawatmu?" demikian pesan yang dikirimkan Cai Liping kepada suaminya, dokter Liu. "Kalau kamu takut, bagaimana jika aku menemanimu?"

Liu menjawab singkat, "Tidak." Dokter Liu kemudian wafat pada 18 Februari 2020.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.