Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjuk Rasa di Bangkok Bersih-bersih Jelang HUT Raja

Kompas.com - 04/12/2013, 18:54 WIB
Para pengunjuk rasa di ibukota Thailand, Bangkok, membersihkan kawasan di sekitar Monumen Demokrasi, yang selama ini menjadi tempat berkemah pengunjuk rasa antipemerintah.

Pekerjaan bersih-bersih itu dibantu oleh pemerintah kota.

Hal ini dilakukan menjelang hari ulang tahun Raja Bhumibhol Adulyadej yang jatuh pada Kamis 5 Desember.

Suasana di Bangkok menjadi tenang setelah aparat keamanan memutuskan mundur untuk mencegah terjadinya kekerasan.

Unjuk rasa menentang pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawtra sejak 24 November lalu umumnya berjalan damai namun sempat diwarnai kekerasan Senin (02/12) pekan ini.

Wartawan BBC di Bangkok, Jonathan Head, melaporkan kemungkinan unjuk rasa akan berlanjut kembali setelah perayaan ulang tahun Raja.

Sementara sekelompok pengunjuk rasa terus berpawai ke markas besar kepolisian namun pihak berwenang tidak khawatir karena mengganggapnya sebagai unjuk kekuatan semata.

Para pemimpin pengunjuk rasa sudah menegaskan tidak akan berhenti sampai mundurnya pemerintah saat ini, yang menurut mereka diatur oleh kakak Yingluck, Thaksin Shinawatra yang digulingkan militer tahun 2006 lalu.

Hingga saat ini Thaksin masih berada di pengungsian dan pemerintah menyiapkan UU Amnesti Politik, yang memungkinkan Thaksin kembali ke Thailand tanpa diadili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com