Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Toilet Terbaru untuk Tarik Pelancong Tandang ke Wihara "Buddha Berbaring"

Kompas.com - 03/12/2013, 14:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pengelola Wihara Wat Pho atau yang terkenal dengan nama "Buddha Berbaring" di Bangkok, Thailand, menyiapkan 100 toilet terbaru untuk menarik pelancong. Pembenahan itu menelan dana hingga 40 juta baht, tulis laman Bangkok Post pada Selasa (2/12/2013). 

Menurut Wakil Rahib Pemimpin di Wat Pho, Phra Udonkhanarak, toilet teranyar itu dilengkapi dengan teknologi canggih. Meski demikian, ia tak menjelaskan ihwal kecanggihan toilet tersebut.

Lebih lanjut, Phra memerinci kalau dari total dana tersebut, 10 juta baht untuk merenovasi 30 toilet baru. "Dana selebihnya untuk toilet terbaru berikut kelengkapannya," kata Phra.

Rahib Phra mengatakan, sejak Januari 2013, wihara yang terletak di Distrik Rattanakosin, Bangkok, itu sudah dikunjungi oleh lebih dari 2 juta turis. Wihara tersebut dikenal pula sebagai tempat asal pijat tradisional Thailand. Sementara itu, panjang patung Buddha Berbaring sekitar 160 kaki atau sekitar 48,7 meter. Terkini, pengelola wihara sudah membuka laman mereka di www.watpho.com serta akses internet gratis di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com