Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Anti-Yingluck Berencana Rebut Markas Polisi

Kompas.com - 03/12/2013, 10:01 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Para pengunjuk rasa anti-pemerintah Thailan, Selasa (3/12/2013), merencanakan untuk menyerbu markas kepolisian Bangkok dalam upaya mereka mendongkel PM Yingluck Shinawatra dari jabatannya.

Yingluck sendiri pernah berjanji tidak akan menggunakan kekerasan untuk menghadapi para pengunjuk rasa yang bersiap menyerbu kantornya dan markas kepolisian yang letaknya berdekatan. Kedua tempat itu kini dibatasi pagar beton, pagar kawat, dan dijaga polisi antihuru-hara.

Sebelumnya, sebuah helikopter menjatuhkan selebaran untuk para pengunjuk rasa yang isinya menyebit Suthep Thaugsuban, kini menjadi orang yang paling dicari aparat keamanan.

"Jadi, jangan berada di dekat dia (Suthep) dan jauhi perkumpulan massa yang dilarang," demikian isi selebaran itu.

Suthep, mantan wakil perdana menteri yang sejak lama menentang Thaksin, memfitnah kepolisian dan menjanjikan masyarakat pengunjuk rasa akan segera merebut markas kepolisian.

Sebenarnya, kejatuhan markas kepolisian atau kantor perdana menteri jatuh ke tangan pengunjuk rasa tidak akan menganggu legitimasi pemerintahan Yingluck yang terpilih pada 2011 lalu.

Namun, bisa dipastikan kekerasan dan kekacauan akan semakin bertambah sehingga akan memperbesar peluang intervensi militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com