Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Bunuh Diri karena Dilarang Pakai Facebook

Kompas.com - 25/10/2013, 14:46 WIB
MUMBAI, KOMPAS.COM — Seorang gadis usia 17 tahun bunuh diri di India barat setelah bertengkar dengan orangtuanya yang mengatakan dia harus berhenti menggunakan Facebook, kata polisi, Jumat (25/10/2013).

Murid sekolah bernama Aishwarya Dahiwal itu ditemukan bergantung di kamar tidurnya pada Rabu setelah bertengkar dengan orangtuanya di kota Parbhani di negara bagian Maharashtra, kata penyidik yang menolak disebutkan namanya kepada kantor berita AFP. "Pada Rabu malam, ia bertengkar dengan orangtuanya yang menyuruh dia tidak hanya menggunakan Facebook dan ponsel sepanjang hari untuk chatting," kata petugas dari kantor polisi Nanal Peth itu.

"Mereka mengatakan kepadanya agar fokus pada studinya. Setelah pertengkaran itu, gadis itu mengunci diri di kamarnya dan kemudian ditemukan bergantung dengan catatan bunuh diri di dekatnya," ujarnya.

Catatan yang mengacu pada pertengkaran itu dan Facebook kini diperiksa polisi.

Para ahli mengatakan, hampir selalu ada beberapa penyebab bunuh diri, termasuk penyakit kejiwaan, yang mungkin belum diketahui atau diobati.

Penggunaan internet masih rendah di India tetapi bertumbuh dengan cepat. Pada akhir 2013 jumlah pengguna diperkirakan akan mencapai sekitar 200 juta jiwa dari 1,2 miliar populasi negeri itu.

Sekitar tiga perempat siswa SMA India lebih suka Facebook ketimbang panggilan telepon untuk berkomunikasi, demikian menurut survei yang dirilis Tata Consultancy Services pada Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com