Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggah Foto Berciuman ke Facebook, Sepasang Remaja Maroko Diadili

Kompas.com - 10/10/2013, 20:56 WIB
RABAT, KOMPAS.com — Amnesti Internasional, Kamis (10/10/2013), mendesak Pemerintah Maroko untuk membatalkan dakwaan terhadap sepasang remaja yang mengunggah foto mereka yang tengah berciuman ke situs jejaring sosial Facebook.

Pasangan remaja itu berciuman di luar sekolah mereka di kota Nador dan seorang teman pasangan itu kemudian mengabadikan momen tersebut.

Kedua remaja tersebut ditahan pekan lalu dan dibebaskan dengan jaminan beberapa hari kemudian, sebelum diadili pada Jumat (4/10/2013) atas tuduhan melakukan perbuatan asusila.

Jika dakwaan ini terbukti, kedua remaja itu bisa menghadapi hukuman penjara maksimal dua tahun berdasarkan Ayat 483 Undang-Undang Pidana Maroko.

"Sangat tidak masuk akal para remaja ini terancam masuk penjara hanya karena berciuman dan mengunggah foto mereka ke Facebook," kata Direktur Regional Amnesti Internasional Philip Luther.

Seharusnya, lanjut Philip, para remaja itu tak perlu ditahan. Menurut Philip, tak ada alasan kuat untuk menyeret kedua remaja itu ke pengadilan.

"Menggelar sidang untuk mengadili kasus remaja berciuman sungguh tidak masuk akal. Kasus ini harus dibatalkan," lanjut Philip.

Kedua remaja yang berusia 14 dan 15 tahun itu ditahan setelah sebuah LSM Maroko mengadukan foto berciuman kedua remaja itu yang muncul di Facebook.

LSM itu mengatakan, perilaku kedua remaja tersebut memiliki dampak buruk untuk masyarakat dan menyakiti perasaan banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com