Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakshmi, Kerbau Termahal di India

Kompas.com - 09/08/2013, 23:32 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Seorang peternak di India berhasil menjual seekor kerbaunya dengan rekor harga termahal, yaitu 2,5 juta rupee atau sekitar Rp 410 juta.

Kapoor Singh di negara bagian Haryana mengatakan kepada BBC bahwa kerbau jenis Murrah yang diberi nama Lakshmi itu dijualnya kepada seorang peternak asal negara bagian Andhra Pradesh.

Kerbau jenis Murrah memang banyak dicari orang karena produk susunya yang tinggi tetapi biasanya bernilai hanya sekitar 100.000 sampai 250.000 rupee.

Biasanya kerbau-kerbau ini menjadi kebanggan dari para peternak.

Singh membeli Lakshmi sekitar dua tahun lalu dengan harga 250.000 rupee dan kini dia mengaku bisa membeli sebuah mobil mewah kecil dari penjualan Lakhsmi, walau dia akan menggunakan untuk keperluan lain.

Menurutnya Lakshmi adalah kerbau khusus karena bisa menghasilkan 28 liter susu setiap hari dan sudah mendapat beberapa penghargaan untuk rekor produksi susu terbanyak.

"Saya tidak ingin menjualnya, namun pemilik baru memenuhi harga yang saya minta. Dia datang tahun lalu dan menawar 190.000 rupee dan saya tolak. Dia amat suka kerbau itu dan membuat video tentangnya dan menayangkannya di kampungnya," kata Singh.

"Saya amat gembira mendapatkan harga yang saya minta. Saya akan menggunakan uang itu untuk pesta perkawinan putri saya," tambahnya.

Lakshmi sendiri baru akan meninggalkan Singh menuju kampung baru dan pemilik baru, Rajiv Sarpanch, Minggu 11 Agustus.

Sarpanch kepada koran Hindustan Times mengatakan akan mengikutkan Lakshmi dalam kompetisi ternak di Andhra Pradesh pada Januari tahun depan, yang berhadiah satu kilogram emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com