Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada yang Dihukum Terkait Bom Tewaskan 29 Orang

Kompas.com - 02/03/2016, 05:00 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

BELFAST, KOMPAS.com - Jaksa di Omagh, Irlandia Utara, Selasa (1/3), mencabut kasus atas orang yang diyakini bertanggung jawab atas pengeboman yang menewaskan 29 orang, tahun 1998.  Tidak ada yang dihukum terkait insiden itu sehingga keluarga  korban pun meradang.

Serangan bom yang terjadi sekitar delapan tahun silam itu merupakan yang terburuk dalam beberapa dekade kekerasan di Omagh, County Tyrone, Irlandia Utara.

Pada 15 Agustus 1998, sebuah bom mobil meledak di jalan sibuk yang menjadi pusat perbelanjaan di di kota Omagh. Insiden itu terjadi beberapa bulan setelah kesepakatan damai untuk mengakhiri kekerasan sektarian di negara itu.

Akibat serangan bom itu, 29 orang tewas, termasuk seorang wanita yang tengah mengandung anak kembar. Lebih dari 200 orang terluka. Kejadian itu memicu kecaman luas baik di tingkat domestik maupun  internasional.

Tidak ada orang yang telah dihukum karena pemboman di pengadilan pidana setempat. Pencabutan sidang kasus itu pada Selasa (1/3), telah kemicu kemarahan luas di kalangan keluarga korban dan mereka memprotes sebagai kegagalan para penegak hukum.

Pihak kejaksaan mengumumkan di pengadilan, bahwa tuduhan terhadap Seamus Daly, pria berusia 45 tahun dari Republik Irlandia, ditarik setelah sidang pendahuluan.

Daly selalu membantah terlibat dalam pemboman itu. Namun, pihak berwenang percaya bahwa mereka bisa mengaitkannya melalui telepon selular yang digunakan oleh IRA, kelompok separatis yang mengklaim bertanggung jawab atas pengeboman itu.

Kasus yang disangkakan kepada Daly itu gugur setelah saksi kunci dalam sidang pendahuluan, menyampaikan bukti yang bertengangan dengan yang telah diberikan sebelumnya di pengadilan.

"Ada rasa kecewa yang mendalam di antara keluarga kami, dan sekarang kembali mengalami rasa kecewa yang sama oleh sistem peradilan pidana," kata Michael Gallagher, yang putranya tewas akibat bom itu.

Daly adalah salah satu dari empat orang didakwa bertanggung jawab atas pemboman oleh sidang perdata di Pengadilan Tinggi Belfast dan diperintahkan untuk membayar 1,6 juta pound ( 2,240 juta dollar AS) kompensasi kepada keluarga korban yang tewas. Denda itu tak pernah dibayar.

Pada 2007 satu-satunya orang lain dikenakan terkait pengebomanan itu, South Armagh listrik Sean Hoey (38) dinyatakan tidak bersalah.  Terkait pembebasan Daly, pengacaranya menyambut baik keputusan jaksa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com