Kompas.com - 15/11/2019, 15:18 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Ini adalah momen pilu di mana seorang pria memberi minum seekor koala yang menderita luka bakar akibat kebakaean hutan di Australia.

Keadaan darurat diumumkan awal pekan ini setelah tim pemadam berjibaku memadamkan 100 titik api yang sudah menewaskan empat orang dan menghancurkan ratusan rumah.

Baca juga: Tiga Orang dan Ratusan Koala Tewas Akibat Kebakaran di Australia

Selain itu seperti dilaporkan Daily Mirror Kamis (14/11/2019), diyakini 350 ekor koala mati di Cagar Alam Danau Innes di New South Wales.

Menurut keterangan Presiden Konservasi Koala Australia Sie Ashton, binatabg asli Negeri "Kanguru" itu terbakar hingga jadi abu di pepohonan.

Rumah Sakit Koala Port Macquarie membagikan video ketika seorang pria bernama Darrel memberi minum ketika hewan itu menderita luka bakar.

Dalam video, koala yang diberi nama Kate itu hanya terduduk dengan area yang berada di sekitarnya hangus dilalap si jago merah.

Darrel mengisi air di gelas kecil, dan kemudian menyorongkannya ke mulut Kate, di mana dia terlihat kesulitan membuka matanya.

"Dia melakukan hal benar dengan menyelimutinya menggunakan selimut besar, dan kemudian membawanya kepada kami," ujar Port Macquarie di Facebook.

Fasilitas rehabilitasi untuk perlindungan dan konservasi koala liar itu menyatakan, Kate menderita luka bakar di tangan, kaki, serta wajah.

"Dia sampai kepada kami dalam keadaan dehidrasi, dan saat ini tengah menerima fasilitas bintang lima di Rumah Sakit Koala," ujar Port Macquarie.

Lebih dari 10.000 netizen menyukai, dengan 2.000 warganet memberikan komentar. "Sangat menyakitkanku melihat apa yang terjadi pada hewan cantik ini," ujar salah satunya.

Fasilitas itu pun kemudian membuka donasi melalui GoFundMe, dengan dana yang terkumpul mencapai 275.000 poundsterling, atau Rp 4,9 miliar.

Baca juga: Australia Bersiap untuk Bencana Kebakaran Hutan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.