Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 12:15 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber NZ Herald

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang pria tidak mengerti bahwa dirinya memiliki gejala virus corona selama 27 hari setelah kontak dengan pasien terinfeksi membuat pihak otoritas khawatir.

Pria usia 70 tahun itu tinggal di Hubei, sebuah provinsi di China dan telah terinfeksi virus corona namun tidak menunjukkan gejala apapun sampai empat pekan kemudian. 

Hal ini seakan menjadi sanggahan bagi periode inkubasi virus corona yang selama ini dikira hanya berkisar selama 14 hari.

Pemerintah China menyebut pria itu dengan nama Jiang dan melaporkan bahwa pria lansia itu mulai terinfeksi setelah melakukan kontak dengan kakaknya yang sudah positif terinfeksi pada 24 Januari. 

Baca juga: Rusia Jalin Koordinasi dengan China Tangani Kasus Virus Corona

Namun gejala virus corona yang dialami Jiang baru muncul jauh dari kontaknya dengan sang kakak yang telah terinfeksi. Dia mulai merasakan demam pada 20 Februari silam dan positif terjangkit virus corona sehari sesudahnya.

Terkait hal itu, Departemen Kesehatan Australia merekomendasikan karantina pribadi tiap warga selama dua pekan jika seseorang dari warganya pernah atau telah melakukan perjalanan ke China.

Juru bicara Departemen Kesehatan Australia mengatakan, "respon pemerintah Australia terhadap wabah virus corona merupakan bukti dasar dan proporsional."

Pihak otoritas Australia juga menindaklanjuti pantauan perkembangan terkait wabah virus corona di luar negeri.

Baca juga: Video Perawat Hamil Rawat Pasien Virus Corona Dirilis, Publik China Marah

"Respon darurat kesehatan Australia sangat luwes dan terukur. Dan sedang dirancang untuk merespon paling efektif terhadap situasi yang berkembang."

Secara umum, dilansir dari South China Morning Post, terdapat lebih dari 76 ribu kasus terkonfirmasi virus corona di seluruh dunia dengan angka terbesar di Daratan Utama China, dan angka kematian mencapai 2.442 jiwa.

Di Australia sendiri sebanyak 23 kasus orang terinfeksi virus corona dan sampai saat ini belum ada laporan tentang angka kematiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber NZ Herald
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com