Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Kawin Koala Tiba, Pengguna Jalan di Australia Diminta Hati-hati

Kompas.com - 08/09/2014, 16:15 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Sejalan dengan tibanya musim kawin koala di daerah Sunshine, Queensland, Australia, para pengguna jalan khususnya pengemudi kendaraan bermotor, diminta untuk lebih berhati-hati.

Selama ini binatang khas Australia itu sangat rentan menjadi korban tabrak lari atau menjadi sasaran serangan anjing liar. Biasanya kejadian seperti itu banyak terjadi saat koala-koala ini berkeliaran mencari pasangan lawan jenisnya.

Menurut Ray Chambers dari Sunshine Coast Koala Rescue, habibat koala yang terdampak kehadiran manusia menjadikan binatang ini sangat rentan.

"Binatang ini selalu berkeliaran mencari makan, mungkin tahun lalu mereka masih menemukan tempat yang aman, namun belum tentu tempat itu aman bagi mereka tahun ini," jelasnya.

Chambers menjelaskan, koala betina berkeliaran mencari pasangan. "Dan tanpa kita sadari, kita mengancam kelangsungan hidup mereka dengan anjing, dengan mobil kita, sehingga kita melihat banyak koala yang cidera dimana-mana," ujarnya.

Chambers menambahkan, jika tidak ada kebijakan politik untuk menyelamatkan koala, maka binatang lemah ini akan selalu menjadi korban.

"Sebagai informasi, jumlah koala setiap tahun mengalami penurunan, dan kami khawatir suatu saat akan musnah. Jadi kami mencoba melakukan sesuatu untuk melindungi mereka," tutur Chambers lagi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com