Kompas.com - 26/09/2019, 14:06 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pada Rabu (25/9/2019), Gedung Putih merilis transkrip percakapan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Tuduhan bahwa dia berusaha menjegal Joe Biden dalam Pilpres AS 2020 membuat dia terancam dimakzulkan dalam penyelidikan yang dipimpin Demokrat.

Putra Biden dituding terlibat dalam skandal bisnis di Ukraina. Namun, di sana dia tidak mendapat tuduhan atau menjalani pengadilan.

Baca juga: Selain Trump, Ini 3 Presiden AS yang Pernah Menghadapi Pemakzulan

Dilansir AFP, berikut sejumlah poin percakapan telepon dengan Presiden Ukraina Zelensky yang membuat Trump terancam dimakzulkan.

"Apa Pun yang Bisa Anda Lakukan"

"Ada banyak pembicaraan tentang putra Biden. Bahwa Joe Biden menghentikan penuntutan dan banyak orang ingin tahu. Jadi, apa pun yang bisa Anda lakukan bagi Kejaksaan Agung AS akan sangat menyenangkan."

"Biden berkata ke mana-mana bahwa dia menghentikan penuntutan. Jadi, jika mungkin Anda berkenan memeriksanya... Sangat mengerikan bagi saya."

Giuliani Tahu yang Terjadi

"Tuan Giuliani (pengacara Trump, Rudy Giuliani) adalah pria terhormat. Dia dulunya Wali Kota New York. Dia wali kota yang hebat. Saya ingin dia agar menelepon Anda bersama Jaksa Agung William Barr."

"Rudy cukup tahu apa yang sedang terjadi dan dia adalah sosok yang mumpuni. Jika Anda berkenan meneleponnya, itu sangat bagus."

Baca juga: Trump Sebut Alasan Pemakzulan Dirinya adalah Sebuah Lelucon

AS "Sangat, Sangat Akrab dengan Ukraina"

"Amerika Serikat sangat, sangat akrab dengan Ukraina. Saya tidak mengatakannya sebagai timbal balik. Namun AS sangat, sangat akrab dengan Ukraina."

"Bantulah Kami"

Setelah Zelensky mulai mengungkapkan keinginan membeli militer AS, Trump bertanya soal peretasan surel Demokrat soal dugaan keterlibatan Rusia dalam Pilpres 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.