Kompas.com - 23/09/2019, 09:07 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Aksi demonstrasi kembali pecah dan berujung bentrokan dengan aparat keamanan di Hong Kong, Minggu (22/9/2019).

Para pengunjuk rasa bahkan terlihat melecehkan bendera China, dengan menginjak-injak dan membuangnya ke sungai.

Diberitakan BBC Indonesia, aksi demonstrasi yang telah memasuki pekan ke-16 tersebut menyasar pusat perbelanjaan di Sha Tin.

Unjuk rasa yang digelar tanpa izin di pusat perbelanjaan New Town Plaza itu awalnya berlangsung damai dan dalam skala kecil.

Baca juga: Demonstrasi di Hong Kong Berlanjut, Massa Akan Duduki Pusat Perbelanjaan

Namun aksi berubah menjadi diwarnai kekerasan, dengan eskalator dan panel kaca menjadi sasaran para demonstran. Pengunjuk rasa diduga menyerang toko-toko yang pro-China daratan.

Aparat keamanan sebelumnya juga telah mencegah terjadinya kerusuhan besar di sistem kereta bandara.

Rekaman video dan foto-foto yang beredar bahkan memperlihatkan peserta aksi unjuk rasa yang menginjak-injak bendera China sebelum kemudian membawa dan membuangnya ke sungai.

Para demonstran yang mengenakan topeng juga terlihat memecah panel peta informasi menggunakan tabung pemadam kebakaran, sebelum menyemprotkan air dan melemparkan tempat sampah ke eskalator.

Baca juga: Glory to Hong Kong Jadi Lagu Tema Tak Resmi Aksi Demonstrasi di Hong Kong

Polisi anti-huru hara terpaksa menutup mal dan stasiun kereta yang menghubungkan lokasi di Sha Tin, sebuah kawasan yang terletak di bagian utara Hong Kong.

Di luar mal, massa pengunjuk rasa mulai membongkar batu bata dari trotoar dan melemparkannya ke arah polisi, yang membalas dengan menembakkan gas air mata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.