Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2019, 09:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang pria di India terkena serangan jantung setelah sang istri yang berusia 73 tahun melahirkan bayi kembar dua pekan lalu.

Errmatti Mangayamma mendapat predikat "ibu tertua di dunia" setelah dua anaknya lahir melalui operasi caesar pada Kamis dua pekan lalu (5/9/2019).

Mangayamma dan sang suami, Raja Rao, menikah pada 1962. Selama 52 tahun itu, mereka tidak dikaruniai anak, dilaporkan Daily Mirror Minggu (15/9/2019).

Baca juga: Berusia 73 Tahun, Ibu di India Ini Melahirkan Bayi Kembar

Dokter Sanakayyala Umashankar, Direktur Rumah Sakit Ahalya di Kothapet menuturkan, Mangayamma melahirkan bayi kembar itu dengan lancar.

"Baik ibu dan dua bayinya berada dalam keadaan sehat. Tidak ada penyakit atau komplikasi yang terdeteksi." Demikian keterangan Umashankar.

Tetapi, Umashankar menuturkan Mangayamma sempat dibawa ke ruangan Intensive Care Unit setelah mengalami stres beberapa jam sebelumnya.

Ïni adalah sebuah rekor dunia," kata Dokter Umashankar. Beberapa jam setelah kelahiran, Raja Rao yang berumur 82 tahun juga mengungkapkan rasa syukurnya.

"Karena kebesaran kasih Tuhan dan pertolongan dokter, saya adalah ayah yang berbahagia bagi dua putri saya. Kami adalah pasangan yang berbahagia di dunia," katanya.

Tetapi, The Times memberitakan kolaps karena serangan jantung sehari setelahnya, dan dirawat di ruang gawat darurat Rumah Sakit Ahalya di Andhra Pradesh.

Pasangan itu dilaporkan masih berada dalam perawatan intensif sejak kelahiran dua bayi perempuan dari teknik fertilisasi in vitro (IVF).

Rumah sakit tidak bersedia membeberkan mengapa si ibu masih berada dalam ruang perawatan intensif, atau pun perkembangan kondisi terbaru sang suami.

HIndustan Times melaporkan karena sudah menopause selama 25 tahun terakhir, Mangayamma menggunakan sel telur donor yang dibuahi sperma Raja Rao.

"Beruntungnya dia, proses pembuahan itu bisa berhasil dalam satu siklus. Dia kemudian dinyatakan hamil pada Januari lalu," papar Umashankar.

Baca juga: Perempuan Ini Melahirkan Bayi Kembar 4 Secara Normal

Dia menjelaskan, selama sembilan bulan kondisi Mangayamma dipantau secara serius oleh dokter berbagai lintas disiplin. Seperti ginekolog hingga pakar nutrisi.

Umashankar mengatakan karena sulitnya melahirkan secara normal karena usia tua Mangayamma, maka tim medis memutuskan untuk melakukan operasi caesar.

Dilaporkan bahwa klinik IVF yang berada di kota Guntur menanggung biaya prosedur karena dalam pandangan mereka, jika berhasil mereka tentu mendapatkan kredit.

Errmatti yang sudah memasuki masa menopause selama dua dekade terakhir saat ini diyakini menggeser rekor ibu tertua di dunia yang dipegang Maria del Carmen Bousada de Lara.

Maria del Carmen Bousada de Lara melahirkan anak di usia 66 tahun. Kedua anaknya, Christian dan Pau, lahir secara prematur pada Desember 2006 silam.

Baca juga: Pacar Melahirkan dan Tolak Bertanggung Jawab, Siswa SMP Dipenjara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com