Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor, Sepatu Nike "Moon Shoe" Keluaran 1972 Terjual Rp 6,1 Miliar

Kompas.com - 24/07/2019, 10:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Sepasang sepatu Nike keluaran tahun 1972 sukses memecahkan rekor dunia untuk penjualan termahal.

Sepatu Nike seri "Moon Shoe" yang rilis lebih dari 40 tahun lalu berhasil terjual hingga 437.500 dollar AS atau lebih dari Rp 6,1 miliar dalam lelang yang digelar rumah lelang Sotheby's, pada Selasa (23/7/2019).

Hasil penjualan itu jauh melebihi perkiraan awal penjualan yang dipatok hanya sebesar 160.000 dollar AS (sekitar Rp 2,2 miliar) oleh rumah lelang.

"Penjualan sepatu itu memecahkan rekor sebelumnya sebesar 190.373 dollar AS (sekitar Rp 2,6 miliar) yang dicapai pada lelang tahun 2017."

Baca juga: Pengusaha Kanada Borong 99 Sepatu Langka Seharga Rp 11,8 Miliar

"Nilai itu untuk lelang sepasang sepatu Converse bertanda tangan yang dikenakan Michael Jordan dalam final basket Olimpiade 1984," kata rumah lelang Sotheby's yang bermarkas di New York, dalam pernyataannya.

Pemenang lelang sepatu Nike "Moon Shoe" itu adalah seorang kolektor asal Kanada, Miles Nadal, yang menawar secara online. Nadal juga adalah kolektor yang membeli hingga 99 pasang sepatu langka yang dilelang pekan lalu.

"Saya sangat senang bisa mendapatkan sepatu Nike Moon Shoe yang ikonik. Ini merupakan salah satu sepatu paling langka yang pernah diproduksi dan menjadi artefak sejarah sejati dalam sejarah olahraga dan budaya pop," ujar Nadal, dikutip AFP.

Salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman merancang sepatu balap datar "Moon Shoes" yang dibuat khusus untuk para pelari dalam uji coba Olimpiade 1972.

Rumah lelang Sotheby's mengatakan bahwa hanya ada sekitar 12 pasang sepatu Moon Shoe yang diproduksi Nike dan set yang terjual dalam lelang Selasa adalah "salah satu dari segelintir pasangan yang diketahui ada".

"Kami sangat gembira sepatu Nike Moon Shoe yang ikonik mencapai lebih dari dua kali lipat rekor pelelangan dunia sebelumnya," kata kepala e-commerce global Sotheby's, Noah Wunsch.

Baca juga: Boris Becker Harus Lelang Trofi Bergengsi untuk Bayar Utang

Rumah lelang tersebut bekerja sama dengan Stadium Goods telah melelang 100 pasang sepatu paling langka yang pernah dibuat.

Nadal yang berusia 61 tahun menghabiskan 850.000 dollar AS (sekitar 11,9 miliar) untuk membeli 99 di antaranya secara pribadi pekan lalu, dengan penyelenggara menahan Moon Shoe untuk penjualan publik.

Setelah memenangkan pembelian untuk 100 pasang sepatu langka tersebut, Nadal berencana untuk menampilkan di museum pribadinya di Toronto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com