Kompas.com - 27/06/2019, 19:25 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah pesawat penumpang Air India yang hendak ke AS terpaksa mendarat darurat ke bandara London, Inggris usai mendapat ancaman bom, Kamis (27/6/2019).

Pesawat Air India penerbangan AI 191, yang berangkat dari bandara Mumbai dengan tujuan bandara Newark, New Jersey, AS, harus mendarat darurat karena ada ancaman bom.

Laporan ancaman bom diterima saat pesawat berada di atas Inggris. Angkatan Udara Kerajaan (RAF) pun mengutus jet tempur Typhoon untuk mencegat pesawat Boeing 777-337 itu dan mengawalnya hingga mendarat dengan selamat di bandara Stansted, London.

Baca juga: Ada Ancaman Bom, Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura

Pesawat Air India tersebut kemudian diarahkan menuju lokasi yang terisolasi dengan polisi yang telah menanti.

"Sebuah pesawat Boeing 777 milik maskapai Air India telah dialihkan ke bandara Stansted, London, sekitar pukul 10.15 pagi waktu setempat."

"Pesawat dapat mendarat dengan aman dan langsung ditangani oleh petugas dari Kepolisian Essex. Pesawat itu ditempatkan di lokasi terisolasi dan jauh dari operasi bandara normal," kata pihak bandara Stansted dalam pernyataannya.

Saat pesawat Air India memasuki wilayah bandara Stansted, landasan pacu ditutup sementara dan segera dibuka kembali setelah pesawat mendarat di lokasi yang terisolasi.

"Kami menyampaikan permintaan maaf atas gangguan yang disebabkan insiden dan berterima kasih atas kesabaran para calon penumpang sekalian," tulis pernyataan bandara di Twitter.

Kepolisian Inggris mengatakan petugasnya sedang melakukan penyisiran seluruh bagian pesawat dan memulai penyelidikan.

Baca juga: Pilot dan Kru Kabin Nyaris Berkelahi, Penerbangan Air India Tertunda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters,NDTV


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.